Mengintip Si Legendaris Vespa PX


Dari beragam tipe Vespa yang ditawarkan oleh Piaggio, kita tidak boleh melupakan PX, salah satu tipe paling legendaris dari Vespa. PX turut menjadi legenda, sama halnya dengan nama Vespa sendiri. Banya orang mereferensikan skuter dengan Vespa. Meskipun modelnya tidak banyak berubah sejak pertama meluncur, motor Vespa menjadi buruan kolektor maupun pengguna. Bisa dibilang, lain dengan transportasi roda dua lainnya, Vespa merupakan investasi. Jika anda memiliki varian tua dari Vespa, puluhan bahkan ratusan kolektor sanggup menampungnya dengan harga yang sangat tinggi. 


Mengendarai Vespa memberikan ikatan yang lain daripada motor biasa. Piaggio sangat sukses dalam mempertahankan desainnya dan hanya memperbarui mesinnya. Varian PX pertama kali diproduksi tahun 1975 dengan varian 125 cc lalu meningkat menjadi 150 cc dan terakhir 200 cc dengan mesin 2 tak dan transmisi manual. Sekarang, Piaggio sudah tidak lagi memproduksi Vespa PX. Tipe terakhir yang masuk ke pasaran Indonesia adalah Vespa PX 150. Proses produksi dihentikan karena tipe ini tidak memenuhi standar emisi gas buah sehingga bisa dibilang tidak ramah lingkungan.

Jika anda ingin mengoleksi Vespa PX, tentu yang bisa anda dapatkan adalah Vespa PX bekas. Tapi jangan khawatir, anda dapat mengecek bagus tidaknya mesin, cara perawatan sebelum anda gunakan, sebelum anda memutuskan akan meminang Vespa PX yang anda incar atau tidak. 

Soal bodi, Vespa PX masih kental dengan desain andalannya, yakni lampu bulat dan bodi belakang yang agak lebar. Desain ini sedikit banyak diadopsi oleh skuter matik buatan Jepang. Namun tetap saja, penggunanya terus setia dengan Vespa PX.

Tentang harga, sama halnya dengan Vespa tipe lainnya, Vespa PX masih membandrol harga tinggi meskipun bekas. Harga ini disesuaikan dengan kondisi motor, tentu. Untuk motor yang sparepart dan bagian lainnya masih orisinil, harganya dijamin selalu tinggi. Seperti Vespa PX tahun 1980 yang harganya berkisar Rp 5,5 juta. Ada juga pengguna yang menjual Vespa PX 150 tahun 1985 dengan harga Rp 20 juta. Semua diatas harga motor - motor baru. Menarik bukan?

Mengintip Si Legendaris Vespa PX Mengintip Si Legendaris Vespa PX Reviewed by Andi Culun on 22.25 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.