Macam Macam Vespa Di Indonesia

Macam Macam Vespa Di Indonesia


Vespa Indonesia -  Vespa merupakan jenis kendaraan sekuter yang banyak diminati oleh semua orang. Bentuknya yang unik mampu membuat setiap orang merasakan sensasi tersendiri ketika mengendarainya. Vespa hadir di Indonesia pada tahun 1960-an, pada saat itu TNI diberikan tugas untuk misi PBB, setelah menyelesaikan tugasnya pemerintah memberikan hadiah vespa Congo, dari Afrika. Karena body-nya yang gemuk membuat para anggota TNI enggan mengendarainya, alhasil vespa diberikan kepada kerabat atau dijual. Sehingga vespa banyak digunakan oleh kalangan Pegawai Negeri Sipil.


Produsen motor kenamaan Piaggio merupakan produsen motor vespa yang banyak diminati oleh pecinta motor Vespa di Indonesia. Awalnya produsen ini bersaing dengan produsen sekuter Lambretta, tetapi itu tidak berlansung lama.

Banyak jenis vespa yang terdapat di Indonesia, seperti Vespa S, Primavera, New Sprint, Vespa 946, dan lain sebagainya. Setiap produk memiliki body dan spesifikasi yang berbeda-beda. Harga-pun tidak tanggung-tanggung, dapat mencapai ratusan juta rupiah.

Seiring berkembangnya zaman, dan semakin banyaknya varian motor yang telah hadir di pasaran. Vespa tetap memiliki banyak peminat. Vespa Indonesia memiliki berbagai macam jenis, ini dikarenakan adanya perbedaan persepsi seni antar sesama komunitas pecinta motor gemuk ini. Ada yang menyukai jenis primitif dan unik.

Vespa Indonesia menjadi Sorotan Negara Asing


Berbagai media asing pun pernah mengangkat keunikan dari komunitas vespa gembel di Indonesia. Dilansir dari media Inggris yaitu Daily Mail, Selasa (2/7/2013), modifikasi unik mampu mencuri perhatian para jurnalis asing, yang saat itu sedang menghadiri acara festival motor vespa tepatnya di Cibereum, Jawa Barat. 

Dengan bentuk modifikasi yang dinamakan “Extreme Vespa”,  telah berhasil meninggalkan citra klasik vespa produsen Italia ini berdasarkan imajinasi dari sang empunya. Banyak vespa indonesia telah dimodifikasi menjadi bentuk yang tidak dikenali, entah untuk membuat mereka lebih nyaman atau untuk meninggalkan estetika vespa. Beberapa vespa dihias dengan menambah grafiti atau lukIsan demi memancing para pecinta vespa lainnya, bahkan dimodifikasi lebih besar sehingga dapat dinaiki 2 orang secara side by side atau bersisian bukan hanya depan belakang.

Di negara asing modifikasi unik pada roda dua biasanya mendapat sebutan Moped (motor berpedal). Moped adalah tipe sepeda motor berdaya rendah dan memiliki pedal, dirancang untuk sarana transportasi yang sederhana, murah, serta tidak memerlukan izin.

Walaupun komunitas vespa gembel indonesia ini telah meninggalkan estetika dari vespa. Setidaknya inilah yang menjadikan vespa indonesia memiliki keunikan tersendiri yang mungkin tidak dimiliki oleh negara lain. Meskipun terkesan kotor dan kumel mereka merasa bahagia menungganginya daripada sepeda motor lainnya, tepat sekali dengan slogan “Lebih baik naik Vespa” slogan yang terkenal pada era 60an.

Macam Macam Vespa Di Indonesia Macam Macam Vespa Di Indonesia Reviewed by stevani on 20.08 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.